NOTULA RAPAT (Pengertian, Fungsi, Jenis)
Notula Rapat
(Tugas Sekretaris)
Daftar Isi :
-Pengertian
Menjelaskan apa yang dimaksud dengan notula, notulen, dan notulis
-Fungsi
Fungsi Notula dalam rapat
-Jenis-jenis
Jenis notula yang sering digunakan dalam rapat
-Contoh
Format notula verbatim & notula resume
Pengertian Notula :
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) :
“Notula adalah catatan singkat mengenai jalannya persidangan (rapat) serta hal yang dibicarakan dan diputuskan.”
Secara ringkas :
Catatan yang berisi keterangan dari pertemuan (rapat) yang dilaksanakan.
Pengertian Notulen & Notulis
Notulen : Catatan tertulis dari sebuah kegiatan (pertemuan) dan sudah di sahkan menjadi laporan.
Notulis : Orang yang bertugas membuat notula, biasanya sekretaris atau orang yang ditunjuk oleh pimpinan rapat.
Fungsi Notula dalam Rapat :
1. Sebagai alat bukti
Apabila ada kasus, maka notula dapat digunakan sebagai bahan pembuktian di pengadilan.
2. Pedoman untuk rapat berikutnya
Rapat terdahulu yang memerlukan tindak lanjut, direalisasikan dalam rapat berikutnya sehingga notula dapat dijadikan pedoman.
3. Sebagai dokumen
Notula adalah sebuah dokumen, sehingga harus disusun secara rapi menurut kronologis dan dijilid lalu disimpan dengan baik.
4. Sebagai alat pengingat untuk peserta rapat
Biasanya setelah pembukaan rapat, dibacakan notula hasil rapat sebelumnya sehingga dapat mengingatkan para peserta rapat.
5. Sumber informasi untuk peserta rapat yang tidak hadir
Meskipun ada peserta rapat yang tidak hadir, mereka tetap harus memahami materi rapat yang dibahas dan mengetahui hasil rapat.
6. Sebagai alat untuk rapat semu
Rapat semu adalah rapat yang tidak pernah dilaksanakan atau rapat fiktif.
Jenis-jenis
Jenis notula yang sering digunakan dalam rapat
1. Notula verbatim
Catatan lengkap semua pembicaraan dalam rapat tanpa ditambahi ataupun dikurangi oleh notulis.
2. Notula Resume
Catatan yang berisi kesimpulan-kesimpulan dari jalannya rapat.
Contoh
Format notula verbatim & notula resume
Komentar
Posting Komentar